Histori Bioskop Tua berjaya

Serang - Halo Masvers (sebutan fans / pembaca blogku)
lama aku tak menulis karena satu dan lain hal (males, tugas, dan aktivitas dunia nyata yang padat) hehe

aku mau share tentang rasa penasaranku saat ini, beberapa jam terakhir aku cukup penasaran dengan sejarah bioskop bioskop tua khususnya pada bioskop lama yang masih beroperasi.
rasa penasaran itu muncul ketika aku sedang browsing mengenai berita penembakan yang terjadi di masjid new zealand kemarin yang dilakukan oleh seorang pria yang mungkin bisa ku katakan sangat bodoh dan kejam. karena dia membunuh secara kejam dan mendokumentasikannya melalui media sosial facebook, dan saat ini ia tengah diadili banyak yang mengecam tindakannya, termasuk pemerintah setempat, terlebih karena dia bukanlah orang new zeland tetapi orang luar (australia).

oke, setelah mendapat beberapa informasi mengenai berita yang tengah hangat tersebut, pada salah satu situs yang ku kunjungi, situs wartakota, di bagian atas berita penembakan itu terdapat video berita / reportase yang membahas mengenai bioskop tua (biskop Grand Theater Senen), tidak tahu mnegapa aku tertarik untuk melihat video reportase tersebut, karena akupun cukup penasaran mengenai fisik dari bioskop2 jaman dulu, biskop yang pernah berjaya dimasanya, yang cukup berperan dalam pemutaran film-film yang ada di indonesia.

rasa penasaran ku pun terus bertambah, ku cari beberapa artikel yang serupa ataupun yang berkaitan mengenai bioskop-bioskop tua, aku jadi teringat akan biskop yang ada di kota ku, meski semua hanya tinggal kenangan alias sudah tidak ada lagi nama dan bentuk fisiknya.

karena mamah pernah cerita, bahwa dulu di Serang, banyak biskop2, bahkan mamah sering main ke bioskop, baik sendiri, diajak teman, atau ngajak saudara. karena yang ku tahu biskop di Serang cuma 1, Cinamaxx yang ada di MOS, dan yang ada di cilegon Cinema 21.

karena teriangat cerita ammah, aku jadi penasaran sama bioskop2 yang pernah ada di kota serang, setelah browsing aku menemukan beberapa nama diantaranya biskop Pelita, Merdeka & Biskop Dewi.
untuk biskop pelita sendiri dulu berada di pasar lama, biskop merdeka di royal dan biskop dewi yang aku ga tau dimana lokasinya, karena hanya baca dari komentar orang yang kebetulan lebih dulu mampir di artikel yang ku baca hari ini.

sayang, dari penelusuran di yang punya artikel untuk mengulik sejarah bioskop tidak menemukan hasil, meski begitu ia justru menemukan informasi lain mengenai hal-hal terselubung dibalik orang-orang disekitar sana.

ok, karena aku masih penasaran aku tetap search mengenai bioskop-bioskop tua lagi, dan menemuka artikel yang menarik mengenai biskop tua yang masih beroperasi sampai sekarang di kediri. bahkan beberapa ada yag melakukan renovasi demi kenyamanan dan mempertahankan eksistensi dari biskop itu sendiri, mungkin teman masvers bisa bayangkan fisik biskop jadul yang bergaya classic, dengan ornamen-ornamen aksen tempo dulu, bangku-bangku penonton yang masih sederhana, jangan membayangkan bahwa penampilannya akan sama seperti Cinemaxx ataupun Cinema 21 ya, karena biskop jadul itu sangat terlihat sederhana, lorong yang tak begitu luas jika dibanding dengan ukuran biskop jaman sekarang.

sepertinya suasana, dan aura seperti itu yang bikin aku jadi penasaran. hehe
seandainya biskop jadul di serang masih ada, mungkin aku bisa mengeksplore kisah dibaliknya, minimal bentuk fisik bahwa itu pernah jadi biskop dimasanya, tapi ngga, aku ga liat sama sekali bentukan sebuah bioskop di royal sana, walaupun memang kalau aku perhatikan, bangunan-bangunan di royal cukup jadul dan beberapa terlihat tua karena tidak direnov. tapi setidaknya itu menggambarkan bahwa banguann tersebut sudah lama berdiri di tempat itu, dan bisa saja bangunan-bangunan yang ku katai tua itu, adalah saksi bisu dari banguann biskop yang pernah ada di lokasi tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Si Bulat Hitam Nan Lezat!

Study Tour Experience to Metro TV